Pembekalan Wisuda Desember 2023 “Be The Best and Reach Your Success”

Purbalingga, 5 Desember 2023 – Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) mengadakan acara rutin Soft Skill Pembekalan Calon Wisudawan FT menjelang wisuda Desember 2023. Acara ini merupakan salah satu upaya Fakultas Teknik UNSOED dalam memberikan bekal soft skill yang berguna bagi para wisudawan dalam menghadapi dunia kerja di masa depan. Acara ini dihadiri oleh 69 wisudawan dari lima program studi yang ada di Fakultas Teknik UNSOED, yaitu Informatika, Teknik Elektro, Teknik Geologi, Teknik Industri, dan Teknik Sipil.

Sambutan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UNSOED

Acara dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan diberikan oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT, Bapak Dr. Ir. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Cs dan memberikan motivasi kepada para wisudawan dan memberikan gambaran kepada para wisudawan tentang pentingnya memiliki soft skill yang baik dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif saat ini.

Acara inti dilanjutkan dengan dua pemateri yang diundang, yaitu Firman Anggara, S. T. yang merupakan alumni Informatika dan Ir. Nur Chasanah, S. Kom., M. Kom selaku Ketua Tim Tracer Study Fakultas Teknik UNSOED. Narasumber kali ini, Firman Anggara, S.T. yang merupakan seorang praktisi di bidang teknologi informasi dan usaha digital memberikan materi soft skill dengan tema “Be The Best and Reach Your Success“. Dalam materinya, Firman Anggara, S.T. membahas tentang pentingnya menerapkan dan mengembangkan soft skill dalam beradaptasi di dunia kerja sehingga dapat dengan cepat memperoleh kesuksesan yang diharapkan. Selain itu para calon wisudawan/I diingatkan untuk terus melakukan yang terbaik sehingga mendapatkan hasil terbaik sesuai dengan yang dicita-citakan.

Selanjutnya, Ir. Nur Chasanah, S. Kom., M. Kom, selaku Ketua Tim Tracer Study FT UNSOED, membahas tentang “Peran Alumni dalam Mendukung Tracer Study“. Dalam materinya, beliau membahas tentang pentingnya peran alumni dalam membantu universitas dalam melakukan tracer study. Tracer study sendiri merupakan salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana lulusan universitas dapat bersaing di dunia kerja. Beliau juga memberikan tips dan trik bagi para wisudawan untuk dapat membantu universitas dalam melakukan tracer study.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian plakat kepada Pembicara utama, Firman Anggara, S.T. Pemberian plakat ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dari Fakultas Teknik UNSOED terhadap pembicara yang sudah berkenan untuk membagikan ilmu serta pengalamannya untuk para wisudawan agar terus termotivasi memberikan yang terbaik dan mendorong untuk mengejar apa yang dicita-citakan.

Acara ditutup dengan foto bersama dan harapan agar para wisudawan dapat sukses di masa depan dan ikut berkontribusi dalam peningkatan kualitas serta mutu Fakultas Teknik UNSOED.  Selain itu. Besar harapan pengelola dengan adanya acara Soft Skill Pembekalan Calon Wisudawan FT ini, para calon wisudawan dapat memiliki bekal soft skill yang berguna dalam menghadapi masa depan serta dapat memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.