Menjaga Pembangkit Listrik Pikohidro

Dalam rangka pelaksanaan salah satu Tri dharma perguruan tinggi Tim pengabdian masyarakat fakultas teknik yang terdiri dari Hari Prasetijo ,ST.,MT., Dr.Eng. Purwanto Bekti Santoso, ST.,MT dan Ari Fadli, ST., M.Eng melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di dusun Siwarak Desa Watuagung Kecamatan Tambak di kawasan hutan pinus Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur.  Dusun ini dipilih sebagai tempat kegiatan dengan pertimbangan :

  1. Secara umum anak usia sekolah baru menggunakan komputer ketika bersekolah SMP
  2. Keberadaan pembangkit listrik pikohidro.

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut adalah

  1. Fasilitasi aset komputer/laptop sebagai sarana pembelajaran dan sumber daya yang mudah diakses
  2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan komputer anak usia pendidikan dasar melalui pelatihan,
  3. Menjaga kontinyuitas pembangkit listrik tenaga piko hidro eksisting untuk penerangan jalan dan cadangan energi listrik di mushola Al-Huda.

Kegiatan berlangsung dari bulan Juni-Agustus 2019 dengan tahapan : Penyusunan diktat pelatihan, diskusi dengan koordinator fasilitasor yang merupakan guru SD, pelatihan fasilitator yang terdiri dari 4 anak SMP, pelatihan komputer bagi anak pendidikan dasar yang diikuti 20 anak, perbaikan pembangkit listrik tenaga pikohidro dan pembaruan 14 titik penerangan jalan .Kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan Karang Taruna dan pengurus RT 1, 2, 3 dusun Siwarak dengan dukungan pendanaan dari DPRM Kemenristekdikti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian