Mahasiswi Perwakilan FT Ikuti Pilmapres Tingkat UNSOED

Mahasiswa mahasiswi terbaik dari masing-masing fakultas mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas tahun 2022, yang dilaksanakan selama dua hari Rabu – Kamis (11-12/5), yang bertempat di Rektorat Unsoed. Mahasiswa berprestasi perwakilan FT, Brigita Nadya Eman yang merupakan mahasiswi dari Jurusan Teknik Geologi ini merupakan mahasiswa berprestasi yang telah diseleksi di tingkat fakultas. Perwakilan mahasiswa berprestasi ini akan bersaing di tingkat universitas dengan 16 mahasiswa perwakilan fakultas lainnya. Tema Pilmapres tahun 2022 ini adalah “Sustainable Development Goals (SDGs), Revolusi Industri 4.0”.

Ketua Pelaksana Dr. Siswantoro, M.Si dalam laporannya pada pembukaan Pilmapres tingkat Universitas menyampaikan bahwa perubahan teknologi yang sedang terjadi akan berdampak pada kehidupan bermasyarakat, sehingga sumber daya manusia yang dalam hal ini salah satunya adalah mahasiswa sebagai aktor dalam perubahan senantiasa perlu menyesuaikan diri baik karakter, pengetahuan, maupun ketrampilannya. Sumber daya manusia yang ideal adalah insan yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional, kinestetis, dan spiritual. Kemendikbud melalui pusat prestasi nasional tahun 2022 telah memfasilitasi usaha-usaha untuk menciptakan mahasiswa unggul yang memiliki keseimbangan antara ke empat kecerdasan tersebut. “Salah satu upaya yang dilakukan adalah memacu pertumbuhan mahasiswa unggul dan berkarakter melalui penyelenggaraan kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi / pilmapres. Pilmapres ini dilaksanaan secara berjenjang, dari tingkat Program Studi, tingkat Jurusan, tingkat Fakultas, dan tingkat Universitas, dan nantinya akan ditindaklanjuti ke tingkat nasional”, jelasnya.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni/WR III Dr. Kuat Puji Prayitno, SH.,M.Hum. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pilmapres ini merupakan salah satu kegiatan yang terus ada meskipun situasi pandemi. Di bidang kemahasiswaan bertugas untuk bisa melayani kepeminatan mahasiswa, membekali mahasiswa (hardskill & softskill), untuk bisa menghasilkan prestasi. Peserta Pilmapres ini merupakan utusan / perwakilan terbaik dari masing-masing Fakultas, dan prestasi ini adalah multi talenta. Prestasi tidak hanya dilihat dari indeks prestasi kumulatif tetapi juga prestasi dalam penyusunan karya ilmiah (informasi, gagasan, pemikiran original dari seorang mahasiswa), dan juga prestasi / capaian yang lain, disamping kemampuan bahasa asing. “Kegiatan kemahasiswaan di Unsoed banyak hal, dan yang tidak kalah penting adalah tracer study. Dengan berkolaborasi, berkinerja, dan bekerjasama dengan sebaik-baiknya antara unsur mahasiswa, Pembina dan puunggawa kemahasiswaan, Insya Alloh semua akan bisa dilalui dengan baik, dan menghasilkan prestasi yang lebih baik lagi”, ungkap WR III.

Penilaian meliputi karya tulis ilmiah yang dalam hal ini untuk S1 disebut gagasan kreatif, dan D3 disebut produk inovatif, capaian unggulan, dan kemampuan Bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian