Mahasiswa Informatika Mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas

Mahasiswa Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, yaitu Adinda Rizkijati Pangestika mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat universitas selama dua hari, Selasa – Rabu (4-5 Mei) secara daring. Adinda berhak mengikuti ajang pemilihan tersebut setelah terpilih di tingkat Fakultas.

Sebanyak 17 mahasiswa terbaik dari masing-masing fakultas mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas tahun 2021. Ketujuhbelas mahasiswa tersebut merupakan para mahasiswa berprestasi yang telah diseleksi di tingkat fakultas. Mereka terdiri dari 12 mahasiswa jenjang Sarjana, dan 5 orang mahasiswa dari jenjang Diploma. Tema Pilmapres tahun 2021 ini adalah “Sustainable Development Goals (SDGs), Revolusi Industri 4.0”.

Ketua Pelaksana Dr. Siswantoro, M.Si dalam laporannya pada saat pembukaan Pilmapres tingkat Universitas menyampaikan bahwa perubahan teknologi yang sedang terjadi akan berdampak pada kehidupan bermasyarakat, sehingga sumber daya manusia yang dalam hal ini salah satunya adalah mahasiswa sebagai aktor dalam perubahan senantiasa perlu menyesuaikan diri baik karakter, pengetahuan, maupun ketrampilannya. Sumber daya manusia yang ideal adalh insan yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosial, kinestetis, dan spiritual. Kemendikbud melalui pusat prestasi nasional tahun 2021 telah memfasilitasi usaha-usaha untuk menciptakan mahasiswa unggul yang memiliki keseimbangan antara ke empat kecerdasan tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memacu pertumbuhan mahasiswa unggul dan berkarakter melalui penyelenggaraan kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi / pilmapres. “Pilmapres ini  pelaksanaan secara berjenjang, dari tingkat Program Studi, tingkat Jurusan, tingkat Fakultas, dan tingkat Universitas, dan nantinya akan ditindaklanjuti ke tingkat nasional”, jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Rektorat ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni/WR III Dr. Kuat Puji Prayitno, SH.,M.Hum. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa dibidang kemahsiswaan telah menunjukan kinerja yang baik, terbukti dengan prestasi dari hari ke hari yang terus diraih. Terbaru pengumuman tentang Program KBMI, Unsoed lolos di ranking 2 nasional, dengan 9 judul yang lolos. Sebelumnya juga pada pengusul proposal program PKM masuk 20 besar nasional. Prestasi-prestasi kemahasiswaan bukan sesuatu yang tiba-tiba tetapi melalui sebuah proses / mekanisme yang baik. Terkait dengan Pilmapres, WR III menyampaikan bahwa kegiatan ini mencari mahasiswa yang multi talenta. “Marilah kita bersama-sama berkontribusi untuk institusi tercinta di bidang masing-masing, bidang akademik, non akademik dan kemahasiswaan untuk bisa menorehkan prestasi di bidang kegiatan kemahasiswaan”, harap WR III.

Doa dan dukungan diharapkan terus mengalir dari semua pihak khususnya dari jurusan Teknik Informatika dan Fakultas Teknik agar Adinda Rizkijati Pangestika dapat mengharumkan dan menjadi yang terbaik dalam pilmapres tingkat Universitas nanti. (Yogiek-UNSOED)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian