Konservasi Energi Goes to Campus

ft.unsoed.ac.id 28/11/2017, Jurusan Teknik Elektro FT UNSOED dan Kementerian ESDM selenggarakan kuliah umum bertajuk “ Konversi Energi Goes to Campus”. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB ini menghadirkan 4 narasumber, selain itu juga dihadiri oleh hampir seluruh mahasiswa Fakultas Teknik UNSOED.

Dalam sambutannya Dekan FT UNSOED Nastain, S.T.,M.T. menyampaikan selamat datang atas kehadiran dan partisipasinya kepada para narasumber dalam mensupport kegiatan belajar mengajar pada FT Unsoed.   Sambutan kedua oleh Ditjen EBKTE-KESDM yang diwakili Kasubdit Pengembangan Usaha Konservasi Energi Ir. Mustofa Said.

Menginjak acara selanjutnya yaitu kuliah umum dan dimoderatori oleh Dr. Eng. Retno Supriyanti, S.T.,M.T., dalam acara ini terbagi dalam dua sesi, sebagai pemateri sesi 1 pada Kuliah Tamu yang pertama Ditjen EBKTE-KESDM diwakili oleh Eko Sudarmawan selaku Kasi Bimbingan Teknis mengangkat tema “Program dan Kebijakan Konservasi Energi Indonesia”, pemerintah terus mencari sumber energi baru terbarukan, sedangkan untuk saat ini masih mengandalkan fosil-fosil dan otomatis sumber energi setiap hari semakin menipis. Dalam upaya untuk mencegah kekurangan tersebut salah satunya dengan meningkatkan kesadaran publik tentang penggunaan energi contohnya dengan mengurangi penggunaan kulkas, AC, mengurangi penggunaan lampu, dan lain-lain dan penyediaan akses dan infrastruktur. Pemateri selanjutnya adalah Dr. Eng. Suroso, S.T.,M.Eng. sebagai Ketua Jurusan Teknik Elektro dengan tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Program Konservasi Energi”, diawali dengan memaparkan profil UNSOED, selanjutnya dalam rangka untuk mendukung program konservasi energi dengan cara melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan atau pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pembicara selanjutnya yaitu dari Telkom University yang diwakili oleh Dr. Ery Djunaedi, menyampaikan tentang Prinsip-prinsip Konservasi dan Efisiensi Energi. Pada sesi 1 diakhiri dengan acara tanya jawab yang mendapat antusias luar biasa dari para mahasiswa yang hadir.

Setelah istirahat kurang lebih satu jam dilanjutkan sesi 2 yang menampilkan pakar Audit ESDM dari UNIDO (United Nations Industrial Development Organization) Agung Sedyawan dengan tema “Audit Energi, Peluang dan Profesi terkait Konservasi Energi” pada akhir kuliah tamu juga dilakukan tanya jawab.  Kemudian para mahasiswa diperkenankan untuk foto bersama dengan narasumber dan undangan yang hadir. (Mst).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian