Kemeriahan Ajang Debate Festival (The 16th IFDC & The 7th JSDC)

Pak dirman

Debat Festival merupakan lomba debat Bahasa inggris yang terdiri dari the 16th Inter Faculty Debating Championship yang diikuti peserta antar fakultas UNSOED & the 7th Jenderal Soedirman Debating Championship yang diikuti peserta SMA/SMK/MA tingkat Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Student English Forum , Universitas Jenderal Soedirman di gedung Soemardjito selama lima hari. Debat Festival tahun ini mengusung tema “The Battle Begins” yang memiliki makna semangat dalam memulai pertempuran dalam berpikir cepat dan kritis. Ajang sangat bergengsi di kalangan mahasiswa UNSOED ini telah berjalan selama 15 tahun dimulai dari IFDC pertama.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 tim dari 16 SMA/SMK/MA di Indonesia dan 21 tim dari seluruh fakultas di Universitas Jenderal Soedirman. Seluruh peserta sangat antusias dan semangat dalam berkompetisi untuk memperebutkan gelar juara. Pada hari ketiga seluruh peserta mengikuti gala dinner yang meriah dan sekaligus meregangkan pikiran sejenak. Pada malam final Canda , tangis , dan tawa mewarnai kegiatan tersebut yang pada akhirnya ajang lomba debat ini dijuarai oleh Fakultas Teknik untuk the 16th IFDC Disusul oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai Runner Up untuk ajang the 16th. “Kami telah berlatih satu bulan penuh, setiap hari. Lelah, letih, bosan, kami hadapi bersama. Awalnya memang sudah pasrah jika Fakultas Teknik tahun ini tidak mendapatkan juara, tapi malam sebelum Semifinal, kami bertemu dengan mantan juara IFDC yang masih Mahasiswa Teknik, Beliau memberikan pencerahan serta gambaran bahwa mahasiswa Teknik masih mampu untuk menjadi juara. Alhamdulillah dengan adanya nama fakultas Teknik dibarisan nama juara, kami harap generasi selanjutnya tetap mempertahankan piala bergilir IFDC ini di tangan anak-anak teknik”, ujar Tim Debater sekaligus pemenang dari perlombaan IFDC yang beranggotakan Pacha Della Yolandro (Informatika 2013), M.Faizal (Informatika 2014) dan Titi Rahayu (Sipil 2013) . Acara ini dimeriahkan oleh grup perkusi dari bezper, teater margin, K-POP Dance yang sangat menghibur pendukung dari kedua tim pada malam puncak.

 “Saya harap dengan adanya lomba ini akan tercipta lebih banyak bibit terbaik di UNSOED yang nantinya akan terbang ke kompetisi tingkat nasional untuk Universitas. Dan selamat untuk adik – adik SMA yang telah berjuang sampai batasnya ini baru awal bagi kalian”, ucap Drs. Akhmad Suheli, MM. Kepala Bagian Pengembangan Mahasiswa dan Alumni UNSOED. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian