Loading...

Phone : 62281 6596700 - Fax : 62281 6596801

Geology Open Challenge (GOC) PETA BUMI 2019

ft.unsoed.ac.id (19/9/19) Jurusan Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto hingga saat ini termasuk jurusan yang masih muda di Fakultas Teknik. Jurusan Teknik Geologi UNSOED merupakan suatu program pendidikan profesi yang siap mencetak ahli geologi profesional dalam bidang ilmu kebumian. Seiring dengan perkembangannya, pada 10 September 2006 terbentuklah sebuah organisasi yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman dimana dalam perjalanannya, himpunan tersebut diberi nama HMTG “dr.Bumi” Universitas Jenderal Soedirman.

Pada 2019 ini, HMTG “dr.Bumi” UNSOED telah mencapai usianya yang ke tiga belas tahun. Sebuah usia yang menjadi tolak ukur awal perkembangannya. Dengan semangat tinggi, HMTG “dr.Bumi” UNSOED memiliki tekad yang kuat dalam mengembangkan eksistensinya dengan berkarya lebih nyata untuk tetap berkontribusi memberikan yang terbaik kepada masyarakat, baik dalam hal peningkatan pelayanan masyarakat maupun dalam ilmu kebumian untuk mewujudkan jurusan yang menjadi terdepan.

Dalam rangka menunjukkan eksistensi dan pengabdiannya, HMTG “dr.Bumi” UNSOED telah melakukan berbagai kegiatan baik di dalam lingkungan UNSOED maupun di ranah nasional, serta turut berpartisipasi dalam kegiatan di luar UNSOED itu sendiri. Pada usianya yang ke-13, HMTG “dr.Bumi” UNSOED mengadakan kegiatan yang diwadahi dalam suatu mega acara Dies Natalis 13 HMTG “dr.Bumi” UNSOED yang selanjutnya dikenal dengan nama PETA BUMI 2019 (Perayaan Tahunan “dr.Bumi”) yang bertemakan “D’Enigma of Gaea”. Kegiatan dalam PETA BUMI 2019 ini, meliputi Opening Ceremony PETA BUMI 2019, Geology Open Challenge (GOC), Kompetisi Ilmu Geologi (KIG), Gebyar Peta Bumi, Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK) dan Closing Ceremony PETA BUMI 2019.

Opening Ceremony PETA BUMI 2019
Opening ceremony merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan ulang tahun ke-13 HMTG “dr.Bumi” UNSOED atau ”PETA BUMI 2019” yang dilakukan bersamaan dengan pembukaan acara Geology Open Challenge (GOC). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2019 di Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman yang diikuti oleh 29 peserta dari berbagai lembaga UKM dan juga beberapa dosen geologi dan dihadiri juga oleh peserta Geology Open Challenge (GOC).

Geology Open Challenge (GOC)
Dalam rangka meningkatkan keterampilan calon ahli geologi dalam pemetaan geologi, Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi UNSOED mengadakan kembali sebuah kompetisi Geology Open Challenge (GOC) 2019. Kompetisi GOC 2019 menargetkan mahasiswa geologi se-Indonesia. Acara tahun ini mengangkat tema “Potensi Minyak dan Gas Bumi Sebagai Cadangan Energi”. Geology Open Challenge (GOC) dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2019 – 1 September 2019 di Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang diikuti oleh 36 Peserta dari 12 Tim yang terdiri dari 10 Institusi.

Kompetisi Ilmu Geologi (KIG)
KIG merupakan suatu ajang kompetisi antar universitas se-Indonesia dalam bidang kegeologian yang meliputi beberapa cabang ilmu geologi, seperti Geologi Dasar, Mineralogi, Geologi Teknik, Geomorfologi, Sedimentologi dan Stratigrafi, Hidrogeologi, Geologi Panas Bumi dan Vulkanologi dengan tujuan mengetahui dan memahami kemampuan mahasiswa dalam bidang kegeologian yang mengangkat tema “Pentingnya Ilmu Geologi Untuk Membangun Negeri”. Kompetisi Ilmu Geologi (KIG) dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2019 – 1 September 2019 berlokasi di Wisma Taurus Barurraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang diikuti oleh 18 Peserta dari 6 Tim yang terdiri dari 5 Institusi.

Gebyar Peta Bumi
Gebyar Peta Bumi merupakan salah satu rangkaian acara sebagai bentuk rasa syukur hari lahirnya HMTG “dr.Bumi” UNSOED sekaligus untuk mempererat tali silaturrahmi antar anggota HMTG “dr.bumi” UNSOED. Acara ini mengangkat tema “Geologi Punya Cerita”. Gebyar Peta Bumi dilaksanakan pada tanggal 10 September 2019 yang berlokasi di Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman dan dihadiri oleh anggota HMTG “dr.bumi” UNSOED.

Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK)
Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kebumian 2019 merupakan suatu ajang kompetisi siswa pra-perguruan tinggi (Sekolah Menengah Atas) bertaraf nasional untuk bidang ilmu kebumian yang pada prinsipnya meliputi beberapa cabang ilmu kebumian diantaranya Geologi, Geofisika, Oceanografi, Meteorologi, Klimatologi, Astronomi dan Geohidrologi. Pada rangkaian LCCK juga akan dilaksanakan Wisata Geologi. Acara ini mengangkat tema “Bumi Sumber Ilmu Pengetahuan”. Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK) dilaksanakan pada tanggal 13 September 2019 – 15 September 2019 yang berlokasi di Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman dan diikuti 51 peserta dari 12 Sekolah. 

Closing Ceremony PETA BUMI 2019.
Closing ceremony merupakan acara penutup sekaligus rasa syukur atas terselanggaranya rangkaian acara PETA BUMI 2019 yang dilakukan bersamaan dengan penutupan acara Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK). Acara ini dilaksanakan pada tanggal 15 September 2019 di Aula Gedung A Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman yang dihadiri oleh finalis Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK) dan perwakilan anggota HMTG “dr.bumi” UNSOED.

VISI FAKULTAS TEKNIK 2034

Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal

Fakultas Teknik dengan kampus yang terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E, memiliki misi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan keteknikan yang menekankan pada karakter dan keahlian.
  • Melakukan penelitian inovatif berbasis sumber daya dan kearifan lokal, publikasi bereputasi, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dengan monitoring dan evaluasi secara teratur.