Loading...

Phone : 62281 6596700 - Fax : 62281 6596801

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Indonsia, HMTE Unsoed Adakan Seminar Nasional

HMTE (Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro) Unsoed, semarakan Dies Natalis Fakultas Teknik Unsoed ke-19, dengan mengadakan seminar nasional yang bertema "Startup and Indonesia's Economic Growth" pada tanggal 5 Oktober 2019. Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut, dilaksanakan di Gedung Roedhiro Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan yang diawali oleh sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan / WR III Dr. Kuat Puji Prayitno yang sekaligus merupakan salah satuinvestor di sebuah perusahaan startup nasional, memberikan apresiasi terhadap kegiatan seminar ini. Harapan beliau adalah "bahwa mahasiswa teknik elektro khususnya, dapat lebih menguasai teknologi yang digunakan untuk masuk dalam konsep bisnis startup".

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik, Dr. Edy Maryanto; Ketua Jurusan Teknik Elektro, Farida Asriani, S.T., M.T.; dan para dosen Jurusan Teknik Elektro Unsoed. Hadir sebagai pembicara dalam seminar nasional tersebut, yaitu :

  1. Dr. Suyanto, S.T., M.Sc. (Dosen Fakultas Informatika, Universitas Telkom)
  2. Thalla Hirazari (CEO Cash-It)
  3. dr. Tirta Mandira H. (founder Tukutu Store dan Shoes and Care)

Pada kesempatan pertama sebagai pembicara pada seminar nasional, hadir Dr. Suyanto, S.T., M.Sc. yang merupakan akademisi bidang Big Data memaparkan materi penggunaan big data di Indonesia. Big Data ini penting untuk terus dipelajari karena salah satu implementasinya adalah pada konsep bisnis startup, karena dengan analisis data yang baik akan berpengaruh pada keputusan yang harus diambil.

Thalla Hirazari dan dr. Tirta Mandira yang merupakan perintis dan pengelola bisnis startup hadir sebagai pembiara selanjutnya, kedua pembicara ini menyampaikan materi yang senada yaitu terkait pengalaman dalam membuat, merintis dan mengembangkan bisnis startupnya. Menurutnya Start-up bukan hanya sekedar bisnis, namun juga perlu menggunakan teknologi. Bisnis startup yang dikembangkan lebih lanjut akan memberikan kemudahan bagi orang lain dan juga dapat membuat perekonomian penggiat bisnis startup dan orang-orang disekitarnya menjadi lebih baik.

Selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari para pembicara, seluruh peserta yang hadir dalam acara seminar nasional ini disuguhkan hiburan dengan tarian Saman dari Aceh, yang dimainkan oleh komunitas mahasiswa yang ada di Universitas Jenderal Soedirman, serta itu tampil pula kesenian musik kentongan khas dari Banyumas, sebagai identitas kebudayaan lokal yang ada di sekitar kampus Teknik Elektro Unsoed.

VISI FAKULTAS TEKNIK 2034

Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal

Fakultas Teknik dengan kampus yang terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E, memiliki misi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan keteknikan yang menekankan pada karakter dan keahlian.
  • Melakukan penelitian inovatif berbasis sumber daya dan kearifan lokal, publikasi bereputasi, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dengan monitoring dan evaluasi secara teratur.