FT Unsoed adakan Pelatihan Eldiru Menyambut KBM Semester Genap 2021/2022

Dalam rangka memperkuat sistem pembelajaran berbasis elektronik, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman menggelar pelatihan E-learning Jenderal Soedirman University (eLDirU) dalam rangka mendukung pembelajaran hybrid. eLDirU merupakan platform pembelajaran elektronik yang dimiliki oleh Universitas Jenderal Soedirman yang dapat diakses melalui https://eldiru.unsoed.ac.id/ dan merupakan sistem yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIA) di laman https://sia.akademik.unsoed.ac.id/.

Kegiatan Pelatihan yang di pandu oleh Muhammad Syaiful Aliim, S.T., M.T., ini berlangsung pada 11 Februari 2022 Eldiru yang merupakan platform pembelajaran mencakup penyampaian pembelajaran dalam bentuk teks, audio, gambar, animasi, video streaming, dan lain-lain. Jadi ini memudahkan dosen dalam memberikan pengajaran kepada mahasiswa seperti tugas, quiz. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19, keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh pendidik maupun peserta didik, namun juga dipengaruhi oleh sarana pembelajaran yang digunakan. Dalam kaitan tersebut, maka seorang pendidik dan peserta didik dituntut untuk kreatif, inovatif, dan dapat melakukan proses pembelajaran yang komunikatif.

Kegiatan yang diperuntukkan bagi dosen di lingkungan Fakultas Teknik Unsoed ini berlangsung secara daring, menggunakan platform zoom Dalam pelatihan eLDirU tersebut dijelaskan keunggulan dari eLDirU dan dijelaskan secara teknis terkait beberapa hal yaitu :

  • Upload materi perkuliahan bermacam format (text, doc, pdf, ppt, video, animasi SCORM)
  • Assessment: ujian/test/quiz, bermacam bentuk dan otomatis terkoreksi. Grup diskusi, pesan, chat
  • Absensi kehadiran mahasiswa pada kelas online. Privilege, kelas dan materi didalamnya, dapat diatur dengan pembatasan akses (tertutup) atau terbuka bagi umum
  • Pembuatan Group untuk membagi kelas ganjil dan genap

Semoga dengan adanya pelatihan E-learning Jenderal Soedirman University (eLDirU) bagi dosen ini dapat mengupgrade kemampuan dosen dalam rangka pembelajaran kuliah berbasis hybrid dan semakin mempermudah proses kegiatan belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen di tengah pandemi Covid 19

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian