Fakultas Teknik UNSOED Terapkan Blended Learning, Dosen Temukan Gaya Mengajar Baru

Bertepatan dengan Dies Natalis Fakultas Teknik yang ke-21 tahun ini dan untuk memenuhi tuntutan kondisi pandemi yang belum sepenuhnya hilang, maka diperlukan adanya penyesuaian sistem belajar mengajar yang lebih tepat. Metode Blended Learning menjadi alternatif pembelajaran yang tepat diterapkan saat pandemi ini. Metode blended learning merupakan metode pembelajaran campuran, yaitu pembelejaran tatap muka dan secara online. Fakultas Teknik Unsoed, mulai mengaplikasikan metode blended learning ini pada Senin (25/10).

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik, Acep Taryana S.Si., M.T. mengatakan bahwa kuliah secara blended menjadi tantangan baru bagi dosen, dan juga pengelola Fakultas. “Bagaimana mempersiapkan fasilitas, dan materi ajar yang kreatif, inovatif, sehingga mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara offline / tatap muka di kelas, dan juga mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara online dapat mengikuti dengan baik & efektif”, jelasnya. Adapun jumlah kelas yang dibuka di Fakultas Teknik untuk offline adalah 35 kelas, dengan masing masing kelas maksimal 10 orang mahasiswa.

Bapak Ibu Dosen diantaranya Yogiek Indra Kurniawan, S.T., M.T dan Tigar Putri Adhiana, S.T., M.T  berkesempatan melakukan perkuliahan blended learning. Yogiek Indra Kurniawan, S.T., M.T menyampaikan metode blended menjadi sebuah metode baru dalam pembelajaran yang saya alami, karena bisa merasakan mengajar luring dan daring dalam waktu yang bersamaan. Beruntungnya, Fakultas Teknik memiliki alat-alat maupun teknologi yang sudah mencukupi, seperti layar touchscreen yang lebar, short-throw projector, web cam, sound system, alat sterilisasi otomatis dengan UV, dan ruang kelas yang sangat nyaman. Semoga ini menjadi langkah untuk menuju pembelajaran full luring ke depannya di masa pandemi. (Lanjut Pak Yogiek). Sementara Tigar Putri Adhiana, S.T., M.T menyampaikan metode blended ini menjadikan perkuliahan lebih interaktif, karena bisa melakukan komunikasi 2 arah dengan mahasiswa.

Kuliah metode blended yang dilaksanakan dari hari pertama sampai dengan hari kelima ini, berjalan dengan lancar dimana para mahasiswa mengikuti perkulihan dengan seksama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian