Fakultas Teknik Selenggarakan Kegiatan Penyamaan Persepsi SPMI

Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bekerjasama dengan LP3M Unsoed menyelenggarakan Sosialisasi dan Roadshow SPMI (30/06) yang membahas khusus mengenai Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti). Acara yang berlangsung di Ruang Aula Lt. 3 Gedung F Fakultas Teknik Unsoed ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik, WD 1 Fakultas Teknik, Tim SPI LP3M dan Bapak Ibu Dosen sebagai TIM GPM dan GKM dari masing-masing Prodi di Fakultas Teknik.

Acara sosialisasi ini dipandu oleh Pembawa Acara dan diawali dengan Sambutan Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Eng. Suroso, ST. M. Eng. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari program kerja LP3M Unsoed, dan Dekan menyambut dengan positif. Lebih lanjut Dekan menyampaikan ”bagaimana kita bisa memperkuat SPI, seperti akreditasi dimana ada autdit secara internal, dan sedang mempersiapkan akreditasi internasional dan Teknik Elektro didorong untuk mengikuti IABE”. Mudah- mudahan dengan penguatan SPI maka outcome dari Fakultas dan Prodi dapat meningkatkan pelayanan yang unggul kepada segenap stakeholder”. Sambutnya.

Acara selanjutnya sambutan Ketua LP3M, Ir. Suprayogi, M.Sc., Ph.D. Ketua LP3M menjelaskan  bahwa kaitannya dengan penjaminan mutu, pengawalan penjaminan mutu sangat penting dan ada standarnya dan menjadi tanggung jawab setiap pribadi yang ada di Perguruan Tinggi. Untuk itulah harus mempunyai perspektif yang sama mengenai penjaminan mutu di Unsoed. Beberapa hal sudah pernah dilakukan yang ada kaitannya dengan SPI oleh FT dibanding fakultas yg lain. Perlu kiranya untuk menyamakan persepsi tentang SPI, SPM Dikti dan SPM yang telah disusun oleh Unsoed”. Jelasnya.

Acara sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber yaitu Dr. Bambang Tri Harsanto, M.Si., dan Dr. Tyas Retno Wulan, S.IP. M.Si. Materi yang disampaikan oleh kedua narasumber ini berkaitan dengan sosialisasi SK Rektor Unsoed tentang SPI dan SPM Dikti. Narasumber menyampaikan bahwa Sosialisasi SK Rektor tentang SPI dan lebih khusus lagi dimaksudkan untuk menguatkan gugus penjamin mutu dan gugus kendali mutu yaitu sesuai tugasnya yang berkaitan dengan SPMI.

Sementara SPM Dikti yang merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berencana dan berkelanjutan disampaikan oleh Narasumber kedua. “ Mengapa wajib menjalankan penjaminan mutu karena sudah ditugaskan oleh UU. Jelasnya. Tujuannya adalah tumbuh dan berkembang budaya mutu. Dalam kesempatan ini dibahas pula mengenai Mekanisme SPM Dikti, SPMI, Definisi dan Prinsip SPMI, Tujuan SPMI, Fungsi SPMI dan Dokumen SPMI : Kebijakan, manual, standar dan formulir Mutu Akademik, Unit Kerja Penjaminan Mutu Internal, syarat anggota GPM dan GKM.

Acara sosialisasi berlangsung lancar dan dilanjutkan dengan tanya jawab yang disampaikan oleh para peserta sosialisasi yang hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian