Engineering English Club Fakultas Teknik UNSOED Gelar Outbound Kepemimpinan

ft.unsoed.ac.id – Untuk meningkatkan kapasitas dan pembentukan karakter kepemimpinan mahasiswa, Engineering English Club (EEC) Fakultas Teknik UNSOED menggelar Outdoor Management Games (OMG) di Komplek Wisata Curug Gede, Ketenger, Baturraden, Sabtu (20/4/2019).

Kegiatan yang bertajuk EEC Picnic (EPIC) ini menjadi tahap realisasi program kerja pengurus. Sebagai media untuk menjaga kekompakan dan melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa.

Ketua EEC UNSOED, M. Naufal Ilmi Basuki menyampaikan, outbound digelar untuk memberikan refreshing kepada pengurus dalam menjalankan tugas organisasi. Melalui outbound kepemimpinan, anggota dilatih cara membangun kerjasama dalam teamwork.

“Peserta diajak untuk refreshing melalui outdoor untuk melatih jiwa kepemimpinan. Sebagai sarana membekali pengurus menjalankan tugas selama satu tahun,” terangnya.

Basuki menjelaskan, kerja dalam tim itu tidak mudah, perlu koordinasi optimal agar tujuan organisasi dapat tercapai. Outbound ini membangun strategi komunikasi organisasi melalui aktivitas fisik dengan permainan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan terjalin kekompakan anggota. Muncul kesadaran untuk meningkatkan peran aktifnya mengelola organisasi dalam struktur kepengurusan EEC satu tahun kedepan,” jelas mahasiswa Jurusan Teknik Elektro angkatan 2017 itu.

Sementara itu, instruktur outbound dari Banjaran Adventure Purwokerto, Arif Munajat memaparkan, aktivitas outbound kepemimpinan itu hanya stimulan. Perubahan karakter kepemimpinan itu dipengaruhi oleh waktu dan pengalaman di organisasi.

Melalui stimulan ini, lanjut Arif peserta diupayakan memaksimalkan diri untuk unjuk peran dalam setiap permainan. Sebab setiap permainan yang dilakukan mengandung nilai edukasi dan membangun semangat peserta.

“Seluruh permainan yang dilakukan akan direfleksikan dengan perilaku dalam organisasi. Peserta merefleksi diri sesuai dengan kapasitasnya dan membuat rencana perubahan yang lebih baik di masa mendatang,” pungkas Ketua Banjaran River Tubing, Beji, Kedungbanteng, Banyumas itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian