Loading...

Phone : 62281 6596700 - Fax : 62281 6596801

Jurusan Teknik Industri

Program Studi Teknik Industri Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto berdiri pada tahun 2014 setelah mendapatkan legalitas ijin penyelenggaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014 melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 322/E/O/2014 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Teknik Industri, Program Sarjana pada Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto tanggal 13 Agustus 2014. Sebelum ijin penyelenggaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas Jenderal Soedirman menerima surat penugasan penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Industri yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional melalui Surat Nomor 1596/E/T/2012 tanggal 28 Desember 2012.
 
Kajian pokok dari Program Studi Teknik Industri menurut Institute of Industrial Engineering (IIE) adalah mencakup dan berkenaan dengan desain, peningkatan dan perakitan dari sistem terintegrasi dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi.Kajian ini dibangun atas pengetahuan khusus dan keterampilan pada ranah matematika, fisika, dan ilmu sosial bersama dengan prinsip-prinsip dan metoda analisis keteknikan dan desain dalam rangka memilah-milah, memperkirakan, dan mengevaluasi hasil dari sistem terintegrasi.

 
Struktur kurikulum per semester pada Program Studi Teknik Industri dapat dilihat di laman berikut : http://industri.ft.unsoed.ac.id/

 

VISI FAKULTAS TEKNIK 2034

Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal

Fakultas Teknik dengan kampus yang terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E, memiliki misi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan keteknikan yang menekankan pada karakter dan keahlian.
  • Melakukan penelitian inovatif berbasis sumber daya dan kearifan lokal, publikasi bereputasi, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dengan monitoring dan evaluasi secara teratur.