Loading...

Phone : 62281 6596700 - Fax : 62281 6596801

Jurusan Informatika

Menurut Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar (Kep. Mendiknas No.232/U/2001) Kurikulum Pendidikan Tinggi harus didasarkan pada pendekatan kompetensi, berorientasi internasional dan global. Setiap program studi diharapkan harus mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara kompetitif dan bekerja secara profesional disemua lingkungan pekerjaan yang tersertifikasi.
 
Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) yang memiliki sumber daya manusia yang cukup, baik dari kuantitas maupun kualitas, prasarana dan sarana yang memadai, bertekad mengambil peran secara aktif dengan membuka program pendidikan setingkat Sarjana Srata-1 bidang Informatika dengan minat Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi dan Multimedia dan Sistem Cerdas. Lulusan dari program sarjana Informatika Universitas Jenderal Soedirman diharapkan tidak saja menguasai dasar-dasar Informatika secara umum tetapi juga menguasai aplikasinya dalam pengolahan informasi pada berbagai bidang termasuk dalam bidang ilmu hayati sebagai nilai tambah yang tidak dimiliki lulusan program sarjana Informatika Perguruan Tinggi lainnya.
 
Program Studi Informatika telah terakreditasi B oleh BAN PT dengan No. 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 tanggal 29 Desember 2015. Lulusan program studi Informatika UNSOED atau Sarjana Komputer (S.Kom.) dari kurikulum 2013 diharapkan memiliki kemampuan untuk membangun, mengembangkan aplikasi perangkat lunak secara efektif dan efisien dengan kehandalan yang tinggi dan pemeliharaannya yang berkelanjutan serta penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi seperti merancang, membangun sistem informasi, basis data, memilih dan menerapkan teknologi informasi secara tepat.

 
Struktur kurikulum per semester pada Program Studi Informatika dapat dilihat di laman berikut : http://if.unsoed.ac.id/

 

VISI FAKULTAS TEKNIK 2034

Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal

Fakultas Teknik dengan kampus yang terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E, memiliki misi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan keteknikan yang menekankan pada karakter dan keahlian.
  • Melakukan penelitian inovatif berbasis sumber daya dan kearifan lokal, publikasi bereputasi, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dengan monitoring dan evaluasi secara teratur.