Loading...

Phone : 62281 6596700 - Fax : 62281 6596801

Jurusan Teknik Geologi

Perubahan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi mengacu pada diterbitkannya Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, maka mendorong semua perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut. KKNI merupakan pernyataan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang penjenjangan kualifikasinya didasarkan pada tingkat kemampuan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran (learning outcomes). Perguruan tinggi sebagai penghasil sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki ‘kemampuan’ setara dengan ‘kemampuan’ (capaian pembelajaran) yang telah dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI. Untuk kesepakatan nasional, ditetapkan lulusan program sarjana misalnya paling rendah harus memiliki “kemampuan” yang setara dengan “capaian pembelajaran” yang dirumuskan pada jenjang 6 KKNI.
 
Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) merupakan salah universitas yang cukup tua di Indonesia yang didirikan berdasarkan SK Presiden No 195 Tahun 1963 yang berada di wilayah Banyumas. Secara umum wilayah Banyumas dan sekitarnya memiliki sumberdaya geologi yang berlimpah maka Program Studi Teknik Geologi bertekad mengambil peran secara aktif untuk mengoptimalkan pemberdayaan dan konservasi sumberdaya geologi dengan penekanan pada minat Agrogeologi dan Geologi Ekonomi yang berwawasan lingkungan.
 
Kebutuhan sumberdaya manusia dalam bidang Teknik Geologi merupakan salah satu tuntutan yang dipenuhi oleh pemerintah daerah dalam era otonomi, hal tersebut sangat diperlukan dalam penyusunan rencana dan penentuan kebijakan program pengembangan kewilayahan suatu daerah. Jurusan Teknik Geologi memiliki kompetensi lulusan yang tinggi untuk masuk ke pasaran kerja dalam bidang eksplorasi dan ekploitasi bahan galian yang banyak terkandung di bumi Indonesia, agrogeologi, geowisata, mitigasi bencana geologi dan geologi tata lingkungan
 
Struktur kurikulum per semester pada Program Studi Teknik Geologi dapat dilihat di laman berikut : http://geologi.ft.unsoed.ac.id/

 

VISI FAKULTAS TEKNIK 2034

Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal

Fakultas Teknik dengan kampus yang terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E, memiliki misi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan keteknikan yang menekankan pada karakter dan keahlian.
  • Melakukan penelitian inovatif berbasis sumber daya dan kearifan lokal, publikasi bereputasi, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dengan monitoring dan evaluasi secara teratur.