Loading...

Phone : 62281 6596700 - Fax : 62281 6596801

Sejarah Fakultas Teknik

Pembentukan Fakultas Teknik UNSOED didasarkan padaPeraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2014 TANGGAL 17 MARET 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Jenderal Soedirman. Selanjutnya pada tanggal 24 Oktober 2014 Rektor Unsoed menetapkan berdirinya Fakultas Teknik dengan diterbitkannya Surat Keputusan Nomor 1600/UN23/OT.01/2014 tentang Penetapan Fakultas-Fakultas Baru Universitas Jenderal Soedirman. Pengangkatan pimpinan Fakultas Teknik dilakukan pada tanggal 18 November 2014 dengan mengangkat Dekan dan para Wakil Dekan. sebagai dekan pertama yaitu Nastain, S.T., M.T.  Fakultas Teknik terdiri dari 5 (lima) jurusan/program studi yaitu :

  • Jurusan Teknik Sipil
  • Jurusan Teknik Elektro
  • Jurusan Teknik Geologi
  • Jurusan Teknik Informatika
  • Jurusan Teknik Industri

Kampus Fakultas Teknik terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E. Perjalanan panjang telah dilalui sampai akhinya secara definitif terbentuk Fakultas Teknik. Perjalanan dimulai sejak tahun 2000, dengan diselenggarakannya dua program studi, yaitu Teknik Elektro dan Teknik Sipil, yang diwadahi dalam bentuk Program Sarjana Teknik (PST). Pada awal berdirinya PST dipimpin oleh seorang Ketua yaitu Ir. I.J. Sasmojo K., M.S., M.Eng.Sc., dan dilanjutkan oleh Ir. Agus Margiwiyatno, M.S., Ph.D.

Pada tahun 2007 dilakukan upaya pengembangan Fakultas Teknik, namun belum berhasil. Fakultas baru yang disetujui adalah Fakultas Sains dan Teknik (FST) yang merupakan penggabungan 3 (tiga) program sarjana yaitu Program Sarjana Teknik, Program Sarjana MIPA, dan Program Sarjana Perikanan dan Kelautan. FST didirikan dengan diterbitkannya Surat Keputusan Rektor Unsoed Nomor Kept. 239/H23/Ot/2007 tanggal 4 Juli 2007 tentang pembentukan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman dan kemudian dikukuhkan dalam Peraturan Mendiknas Nomor 25 Tahun 2009, tanggal 1 Juni 2009 tentang Organisasi dan Tata Kelola Unsoed, dimana Fakultas Sains dan Teknik merupakan fakultas ke-8 (delapan). FST mengalami 2 (dua) kepemimpinan, yaitu Ir. H. Purnama Sukardi, Ph.D. sebagai dekan pertama, dan Nastain, S.T., M.T. sebagai dekan kedua FST. Pada tahun 2014, dilakukan pemisahan Fakultas Sains dan Teknik (FST) menjadi tiga yaitu Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, sedangkan SOTK Fakultas Teknik sendiri berdasarkan SK Rektor Nomor 1 Tahun 2015

Rencana Strategis Fakultas Teknik 2015-2019 dibutuhkan dalam rangka pengembangan fakultas menuju visi 2034 yang menitikberatkan pada penguatan kelembagaan, peningkatan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, serta pengembangan penelitian dan kerja sama dengan stakeholders

VISI FAKULTAS TEKNIK 2034

Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal

Fakultas Teknik dengan kampus yang terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E, memiliki misi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan keteknikan yang menekankan pada karakter dan keahlian.
  • Melakukan penelitian inovatif berbasis sumber daya dan kearifan lokal, publikasi bereputasi, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dengan monitoring dan evaluasi secara teratur.