Loading...

Phone : 62281 6596700 - Fax : 62281 6596801

Nurul Hidayat, Dosen Informatika UNSOED Raih Gelar Doktor di Universitas Gadjah Mada

Dosen dan Ketua Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, UNSOED periode 2008-2013, Nurul Hidayat, telah melaksanakan Ujian Tertutup Disertasi secara DARING atau online. Ujian dilaksanakan dengan aplikasi Google Meet pada Hari Selasa, 05 Mei 2020. Cara tersebut ditempuh guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Nurul Hidayat, atau yang biasa dipanggil ENHA, menyandang gelar Doktor dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia dinyatakan lulus S-3, dengan disertasi berjudul “MODEL DETEKSI GAYA BELAJAR OTOMATIS MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALGORITME K-MEANS DAN ALGORITME KLASIFIKASI NAIVE BAYESIAN PADA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)”.  

Dr. ENHA menjelaskan, dalam penelitiannya terlepas dari pro-kontra penerapannya, pembelajaran daring memang cukup menarik untuk diulas, terutama di era pandemi dan kelak paska pandemi. Dengan bervariasinya penggunaan sistem berbasis pembelajaran daring, ada satu permasalahan yang saat ini “hangat” dibicarakan di kalangan akademisi: personalized learning (personalisasi pembelajaran). Personalisasi pembelajaran memungkinkan pengguna sistem pembelajaran daring untuk memilih metode dan materi pembelajaran yang paling optimal, sesuai dengan Gaya Belajar dan kemampuan masing-masing.

Ada setidaknya dua macam cara untuk melakukan deteksi gaya belajar dalam personalisasi pembelajaran: (1) dengan menggunakan self-assessment (mengisi kuesioner) dan (2) dengan memanfaatkan riwayat akses pengguna dan teknologi AI. Metode No. 1 berpotensi bias, karena self-assessment tidak selalu menghasilkan jawaban jujur, proses pengisian kuesioner ini dapat menghabiskan waktu yang lama dan cenderung mahasiswa hanya punya target menyelesaikan pertanyaan tanpa paham tujuan dari pengisian kuesioner, dan mengisi kuesioner dengan semaunya. sedangkan Metode No. 2 membutuhkan waktu, sebab personalisasi didasarkan pada Student Behaviour atau Perilaku Mahasiswa untuk LMS tersebut.” jelasnya, Selasa (05/05/2020).

Terkait dengan ujian disertasi yang dilakukan secara online, Dr. ENHA mengaku tidak ada kendala yang berarti dan semua berjalan lancar. “Ujian Di balik musibah covid 19 ada sebuah keberkahan ujian tertutup dengan daring,” kata dia.

Dr. ENHA mengucapkan terima kasih atas segala support yang telah diberikan kepada beliau. “Terima kasih atas doa, perhatian serta motivasi yang diberikan Sahabat-sahabat kolega Keluarga Besar UNSOED yang saya banggakan dan saya sayangi atas telah dilaksanakannya Ujian Tertutup S3 Ilmu Komputer FMIPA UGM Saya pagi menjelang siang tadi. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh Dewan Penguji terlebih kepada promotor dan co promotor yang telah memberikan bimbingan dan semangat kepada saya, sehingga  pelaksanaan ujian tertutup tadi berjalan dengan lancar, baik dan penuh keberkahan.

Ditemui di tempat terpisah, Dr. Eng. Suroso, S.T., M.Eng, selaku Dekan Fakultas Teknik, UNSOED memberikan ucapan selamat kepada Dr. Nurul Hidayat melalui pesan singkat. "Selamat untuk Dr.Nurul Hidayat atas kelulusan program doktoralnya, semoga semakin semangat dan sukses berkarya untuk mengembangkan dan membesarkan prodi Informatika UNSOED."

VISI FAKULTAS TEKNIK 2034

Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal

Fakultas Teknik dengan kampus yang terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E, memiliki misi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan keteknikan yang menekankan pada karakter dan keahlian.
  • Melakukan penelitian inovatif berbasis sumber daya dan kearifan lokal, publikasi bereputasi, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dengan monitoring dan evaluasi secara teratur.