Loading...

Phone : 62281 6596700 - Fax : 62281 6596801

Lasmedi Afuan, Doktor Pertama di Informatika UNSOED

Dr. Lasmedi Afuan, S.T., M.Cs. berhasil menjadi Doktor pertama di Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman setelah melewati Ujian tertutup yang dilakukan secara daring di Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas MIPA, Universitas Gadjah Mada.

Ujian dilaksanakan dengan aplikasi Webex pada Hari Selasa, 14 April 2020. Cara tersebut ditempuh guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 sehingga tidak ada pertemuan secara fisik antara tim penguji dengan peserta ujian. 

Dr. Lasmedi Afuan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Model Ekspansi Query menggunakan Aturan Asosiasi dan Ontologi untuk meningkatkan relevansi dokumen pada Temu Balik Informasi“ di hadapan 8 orang penguji sehingga dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor dari UGM.

Latar belakang kenapa judul tersebut dipilih adalah Pengguna Internet memiliki keterbatasan dalam merepresentasikan kebutuhan informasi yang mereka dibutuhkan ke dalam bentuk query,  sehingga query pengguna mengandung kata kunci yang missmatch dan missconcept dengan konten dari koleksi dokumen.  Hal ini mengakibatkan tidak ada dokumen yang terambil atau tidak ditemukannya dokumen yang relevan dengan query pengguna. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan ekspansi query.

Beberapa metode yang digunakan antara lain Ontologi,  Association Rules, WordNet/Synonym Mapping, MetaThesaurus, Concept based, Relevance Feedback, Local co-occurance, dan  Latent Semantic Indexing, Word Embedding. Penelitian ekspansi query  yang sudah dilakukan menerapkan satu metode dalam melakukan ekspansi query, sehingga masih memiliki keterbatasan-keterbatasan.

Diantara beberapa metode yang digunakan, metode association rules dan ontologi  mampu untuk mengatasi keterbatasan-keterbatasan tersebut. Karena Metode Association rules mampu untuk menampilkan keterhubungan kemunculan bersamaan antar kata dalam dokumen. Sedangkan Ontologi mampu menangkap keterhubungan antar konsep / makna kata.

Ujian tertutup dilaksanakan pada pukul 12.00-14.00 menggunakan Webex dan dihadiri oleh Dewan penguji antara lain:

  1. Bapak Dr.rer.nat. Nurul Hidayat Aprilita, M.Si selaku ketua penguji
  2. Bapak Dr.techn Khabib Mustofa, S.Si.,M.Kom
  3. Ibu Anny Kartikasari, S.Si.,M.Sc.,Ph.D
  4. Bapak Moh. Edi Wibowo, S.Kom.,M.Kom.,Ph.D
  5. Ibu Dr. Herlina Jayadiyanti, ST., M.T dari Teknik Informatika UPN Yogyakarta, selaku penguji eksternal
  6. Ibu Yunita Sari, S.Kom.,M.Sc.,Ph.D
  7. Dr.techn Ahmad Ashari, M.I.Kom, selaku Promotor
  8. Dr. Yohanes Suyanto, M.I.Kom, selaku Ko-Promotor

Dalam menyelesaikan studi S3-nya, Dr. Lasmedi Afuan telah melewati berbagai tahapan, antara lain

  1. Perkuliahan teori selama 2 semester, mengambil 6 matakuliah (17 SKS)
  2. Penyusunan proposal disertasi
  3. Ujian Komprehensif/ujian proposal disertasi
  4. Kegiatan penelitian dan publikasi penelitian
  5. Penyusunan Laporan Penelitian (Disertasi)
  6. Tahapan penilaian
  7. Tahapan Kelayakan
  8. Ujian Tertutup

“Bersakit-sakit dahulu, senang-senang kemudian. Maju terus pantang mundur. Pantang pulang sebelum menang. Proses tidak akan pernah berkhianat pada hasil. Yakinlah ada Allah yang maha besar, yang akan mengijabah setiap doa hamba-hambanya”, merupakan kalimat yang diberikan oleh Dr. Lasmedi Afuan setelah berhasil menyelesaikan Ujian Tertutupnya.

Ditemui di tempat terpisah, Dr. Eng. Suroso, S.T., M.Eng, selaku Dekan Fakultas Teknik, UNSOED memberikan ucapan selamat kepada Dr. Lasmedi Afuan melalui pesan singkat. "Selamat untuk Dr.Lasmedi Afuan atas kelulusan program doktoralnya, semoga semakin semangat dan sukses berkarya untuk mengembangkan dan membesarkan prodi Informatika UNSOED."

VISI FAKULTAS TEKNIK 2034

Menjadi fakultas yang unggul di tingkat internasional dalam pengembangan keteknikan dan teknologi berbasis sumber daya dan kearifan lokal

Fakultas Teknik dengan kampus yang terletak di Kampus Unsoed Blater, Jalan Mayor Jenderal Sungkono Km. 05, Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Luas Kampus Teknik Blater sekitar 11 hektar dan sampai dengan tahun 2015 sudah berdiri sebanyak 5 (lima) buah gedung, yaitu gedung A, B, C, D dan E, memiliki misi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan keteknikan yang menekankan pada karakter dan keahlian.
  • Melakukan penelitian inovatif berbasis sumber daya dan kearifan lokal, publikasi bereputasi, dan perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Menyelenggarakan tata kelola yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dengan monitoring dan evaluasi secara teratur.