Dies Natalis ke-19, FT Unsoed Gelar Tasyakuran

Sebagai bentuk rasa syukur telah berdiri, berkiprah dan melayani masyarakat dalam bidang pendidikan selama 19 tahun, Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman menggelar Tasyakuran Dies Natalis ke-19, di Pendopo Fakutlas Teknik beberapa waktu lalu. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dekan dari fakultas-fakultas yang ada dilingkungan Universitas Jedneral Soedirman, beberapa kepala desa dari desa-desa disekitar kampus FT Unsoed, kapolsek dan kapolres Kabupaten Purbalingga berserta seluruh dosen, karyawan dan beberapa perwakilan mahasiswa

Kegiatan yang diawali pembukaan oleh ketua Panitia Eko Murdyantoro Atmojo, S.T., M.T. dan dilanjutkan oleh pemberian sambutan oleh Dekan FT Unsoed Dr. Eng. Suroso, S.T., M.Eng. diharapkan bahwa acara ini bukan hanya sekadar ceremonial, tapi sebagai moment intropeksi diri dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kualitas individual, kolektif maupun kelembagaan. selain itu ajakannya untuk seniantiasa berusaha meningkatkan kualitas akreditasi masing-masing program studi, sehingga akreditasi institusi juga akan meningkat menjadi unggul.

Dalam acara tasyakuran tersebut hadir terdapat pemamapran materi pak Sukirno dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga. Materi yang disampaikan terkait pengelolaan sampah dan bank sampah. Menurut Pak Sukirto peran serta masyarakat masih menjadi kendala utama dalam upaya penanganan persoalan sampah di berbagai daerah.  Masyarakat belum tergerak untuk ikut bertanggungjawab terhadap persoalan sampah. Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya juga masih sangat memprihatinkan.

Dalam pemaparan materinya tersebut, Pak Sukirto sangat begitu antusias dalam memberikan penjelasan guna meningkatkan pemahaman  dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga melalui bank sampah, guna terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, menurutnya Teknik pengelolaan sampah  rumah tangga  melalui bank sampah ini antara lain bahwa pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume, jenis, dan karakteristik sampah yang semakin beragam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian