Purbalingga, 20 November 2025 — Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (FT Unsoed) menerima kunjungan benchmarking dari Fakultas Sains dan Teknologi Pradita University (FST Pradita University) pada 20 November 2025, di Ruang F101 FT Unsoed. Kegiatan ini bagian dari upaya kedua institusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, terutama dalam penerapan Outcome Based Education (OBE).

Acara dimulai pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan pemutaran video profil FT Unsoed, yang menggambarkan visi, struktur, capaian, dan fasilitas fakultas. Dilanjutkan sambutan oleh Wakil Dekan FT Unsoed, Dr. Ir. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom., yang menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut dan menegaskan komitmen FT Unsoed dalam mengembangkan kurikulum berbasis capaian serta meningkatkan kualitas akademik melalui kerja sama institusional.

A group of people sitting at tables

AI-generated content may be incorrect.

Dekan FST Pradita University, Dr. Eng. Handri Santoso, S.Si., M.Eng., menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan untuk melakukan benchmarking yang bertujuan memperkuat sistem internal dan penyempurnaan penerapan OBE di Pradita University.

Sesi utama diisi dengan diskusi mengenai implementasi OBE. Kedua pihak bertukar pengalaman, strategi, dan tantangan dalam menerapkan OBE pada kurikulum masing-masing. Diskusi ini memperdalam pemahaman tentang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), pengembangan pembelajaran, asesmen berbasis capaian, serta evaluasi kurikulum berkelanjutan.

Sebagai bentuk formal kerja sama, penandatanganan Perjanjian Implementasi (IA) dilakukan antara program studi S1 Informatika, S1 Sistem Informasi Bisnis, dan S2 Teknologi Informasi Pradita University dengan jurusan Informatika dan Teknik Geologi Unsoed. Acara ditutup dengan sesi foto bersama, menandai berakhirnya rangkaian kegiatan.

Pentingnya Benchmarking dalam Pendidikan Tinggi

Benchmarking adalah proses penting dalam perbandingan antar institusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam pengembangan kurikulum. Melalui benchmarking, perguruan tinggi dapat mengadopsi praktik terbaik dan inovasi yang sudah terbukti efektif. Hal ini memungkinkan peningkatan kualitas kurikulum, pembelajaran, dan pengelolaan program studi. Kegiatan ini juga memperkuat kerja sama internasional antar perguruan tinggi, membuka kesempatan untuk pertukaran pengetahuan, riset bersama, dan akses ke berbagai program pelatihan.

Dengan kolaborasi ini, FT Unsoed dan FST Pradita University mempertegas komitmen mereka untuk terus mengembangkan pendidikan tinggi yang relevan dan berkualitas, berharap dapat memperkuat daya saing dalam menghadapi tantangan global.