ASN UNSOED Ikuti Try Out dan Siap Ujian Asesmen

Tenaga Kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN) Universitas Jenderal Soedirman mengikuti Try Out Asesmen ASN Kemdikbudristek sebagai salah satu rangkaian persiapan asesmen pegawai 2021.  Kegiatan ini dilaksanakan Selasa dan Rabu, 29 dan 30 Juni 2021 dan diikuti oleh 426 orang.  Asesmen ASN Kemdikbudristek dilakukan sebagai pengukuran potensi individu untuk memprediksi kompetensi pegawai dengan menggunakan instrument tertentu.  Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof.Dr. Hibnu Nugroho, S.H.,M.H saat menyampaikan arahan melalui zoom meeting di hari sebelum try out.

Kegiatan asesmen sendiri akan dilaksanakan sesuai jadwal yaitu Tanggal 5 sampai dengan 8 Juli 2021 dan 12 sampai dengan 15 Juli 2021.  Prof. Hibnu juga menyampaikan bahwa asesmen yang dilakukan nantinya akan menjadi bahan pemetaan kemampuan ASN terkait dengan delapan kompetensi manajerial dan satu kompetensi sosiokultural.  “Asesmen dilakukan melalui instrument tes psikologi baik kognitif, values, maupun kepribadian,”jelasnya.

Kepala Biro Umum dan Keuangan (KaBUK), Agus Nugroho, S.H.,M.M. menyampaikan bahwa teknis pelaksanaan asesmen sendiri dilaksanakan secara daring.  “Proses dilakukan dengan memudahkan semua ASN dan bisa diikuti secara daring baik dari kantor ataupun dari rumah bagi yang sedang BDR,” jelasnya.  Meskipun demikian KaBUK mengungkapkan bahwa ada persyaratan teknis yang harus diperhatikan peserta asesmen yaitu perangkat komputer sesuai spesifikasi, internet dan juga ketentuan lainnya.  Bagi calon peserta yang tidak memiliki perangkat sesuai yang disarankan maka UNSOED memfasilitasi di Laboratorium Komputer Lab Terpadu dengan protocol Kesehatan yang ketat.

Data asesmen nantinya akan menjadi data dalam pengembangan pegawai dan akan mendukung profesionalisme ASN.

#unsoedmajuterus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian