16.651 Peserta Ikuti UTBK SBMPTN di UNSOED

Dalam rangka pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) Tahun 2022, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sebagai Pusat UTBK-351 menjadi tuan rumah bagi 16.651 peserta ujian. Ada pun waktu pelaksanaan ujian terdiri dari dua gelombang, yakni 17 – 23 Mei untuk Gelombang I dan 28 Mei hingga 03 Juni untuk Gelombang II. Demikian ungkap Humas Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unsoed, Dr. Wisnu Widjanarko.

Berkenaan dengan hal tersebut, Unsoed telah mempersiapkan 8 server serta 17 ruangan yang berada di 8 (delapan) lokasi ujian, yakni Fakultas Peternakan,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam,  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Laboratorium Riset dan Laboratorium Teknologi Pertanian.   Khusus untuk penyelenggaraan tahun ini, terdapat 5 (lima) orang peserta disabilitas.

Terdapat tiga kelompok ujian yang diselenggaran di Pusat UTBK-351 Unsoed, yakni kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) serta Campuran.  Materi yang diujikan untuk kelompok Saintek adalah Tes Potensi Skolastik, Bahasa Inggris dan Tes Kompetensi Akademik Saintek.

Untuk kelompok Soshum, materi yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik, Bahasa Inggris dan Tes Kompetensi Akademik Soshum. Sedangkan untuk kelompok campuran, Tes Potensi Skolastik, Bahasa Inggris dan Tes Kompetensi Akademik Saintek serta Tes Kompetensi Akademik Soshum.  Untuk kelompok saintek dan soshum, sesi ujian dilaksanakan pagi hari (Pukul 06.45 s/d Pukul 10.30 WIB) dan siang hari (Pukul 13.00 s/d 16.45 WIB) ada pun untuk kelompok campuran adalah pagi hari (Pukul 06.45 s/d 13.25 WIB). Khusus untuk penyelenggaraan hari Jumat, sesi siang dimulai Pukul 13.15 hingga 17.00 WIB di mana hanya untuk kelompok ujian saintek dan soshum.  Setiap sesi akan memfasilitasi 620 orang peserta ujian.  “Ada pun guna mendukung kelancaran pelaksanaan ujian, maka telah dipersiapkan pula 56 Penanggung Jawab Lokasi (PJL), 7 Wakil PJL dan 364 pengawas ruang”, ungkap Dr. Wisnu.

Ditambahkan bahwa para peserta ujian wajib membawa dokumen berupa : 1) Kartu Tanda Peserta UTBK 2022;  2) Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi bagi lulusan 2020 dan 2021. Ada pun untuk Angkatan 2022 berupa Surat Keterangan Kelas 12 / Surat Keterangan Lulus yang ditandatangani Kepala Sekolah serta berisi Nama Siswa, NISN Siswa, NPSN Sekolah dan pas foto berwarna yang terbaru; 3) Identitas diri berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar.   Selama berada di lokasi ujian, para peserta wajib menggunakan masker dan berada dalam kondisi sehat.

Plt Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr meninjau pelaksanaan UTBK di hari pertama untuk memastikan semua dapat terlayani dengan baik, dan memastikan penerapan protokol kesehatan dalam UTBK kali ini.  Secara umum, UTBK pada hari pertama berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

EnglishIndonesian